Sosialisasi SOP

Sekretariat Badan Litbang Pertanian bekerjasama dengan Puslitbangnak akan mengadakan Temu Teknis Non Peneliti yg akan dilaksanakan di Puslitbang Gizi Jl Dr Semeru. Awalnya akan diadakan Bulan Juli tapi nampaknya ada pengunduran ke Bulan Agustus bagi yang mau daftar dapat mendownload file ini. Pendaftaran terakhir tanggal 23 Juli 2008.

Pustaka selasa, 15 Juli 2008 juga akan mengadakan sosialisasi Standard Operasional Prosedur (SOP) tentang pengelolaan perpustakaan digital dan MySipisis dengan pembicara dari Perpustakaan IPB, yaitu Bpk Drs Mustafa MLib, Ir Subagyo, SSos. MSi dan Bayu C Raharjo SKom. Pustaka sudah mengirimkan faximil terutama kepada Balai-Balai yang berada di sekitar JABODETABEK, JABAR dan BANTEN. Bagi yang berminat silakan hubungi Bpk Maksum. SOP ini akan menjelaskan bagaimana penanganan informasi di perpustakaan sehingga dapat terbangun database lokal dan internet. Sedangkan MySIPISIS adalah sebuah aplikasi perpustakaan yang sudah fix dikembangkan oleh perpustakaan IPB dan mudah-mudahan dapat diaplikasikan di UK/UPT Litbang Pertanian. Ada beberapa alasan kenapa kita akan menggunakan MySIPISIS sebagai aplikasi di Departemen Pertanian. Pertama karena aplikasi ini tetap mempertahakan CDS/ISIS sebagai basisdatanya, sama seperti Pustaka, kedua aplikasi ini sudah mempunyai sistem sirkulasi yang sudah cukup lengkap seperti peminjaman, perpanjangan peminjaman, teguran dsb yang sangat diperlukan oleh UK/UPT (Pustaka tdk perlu sistem tsb) yang kesemuanya sudah berbasiskan web, Ketiga adanya fasilitas pembuatan katalog bersama sehingga teman2 kita yang di UK/UPT terutama yang tidak mempunyai pengetahuan tentang katalogisasi/klasifikasi namun harus mengelola perpustakaan akan terbantu dengan adanya fasilitas ini. Fasilitas lain dapat kita diskusikan di acara besok. Panasaran…??? silakan hadiri acara tsb.

Dari hasil pertemuan beberapa teman pengelola perpustakaan cukup merasa puas, karena dengan adanya ini persoalan perpustakaan terutama masalah peminjaman dengan adanya MySipisis menjadi lebih terakomodir. Peminjaman, batas waktu peminjaman, sistem teguran semua sudah ada dalam aplikasi MySipisis ini. Demikian Bu Elya dari Biogen mengungkapkan. Tidak hanya itu dengan adanya MCC (MySipisis Copy Catalouging) menjadikan para pengelola perpustakaan akan menjadi lebih terbantu dalam memberikan label punggung buku, tentunya apabila itu sudah terpasang di internet. sehingga Apabila ada teman yang pernah mengkatalog sebuah buku, teman lain di UK lain dapat mencontohnya untuk buku yang sama. benar-benar enak ya… Tapi kapan ya MySipisis bisa diaplikasikan. Pihak Pustaka masih menunggu IPB untuk memperbaiki aplikasi ini sehingga benar-benar siap untuk digunakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: