Aplikasi SIMPUSTAKA-UK/UPT

Aplikasi ini merupakan perbaikan dari aplikasi bibliotheca sebelumnya. Pada versi yang lama, instalasi dilakukan dengan cara mengkopikan secara manual setiap aplikasi, misalnya untuk buku tamu dikopikan tersendiri, penelusuran demikian pula.

Pada versi revisi, instalasi dilakukan dengan menggunakan file SETUP.EXE. Dengan demikian, folder dan file-file pelengkap dimasukkan secara otomatis ke masing-masing tempatnya.

Ada 2 folder yang masih harus dikopikan secara manual setelah setup dilakukan, yaitu folder dbPUS dan OPAC. dbPUS adalah folder tempat menyimpan data buku tamu dan transaksi peminjaman. OPAC untuk menyimpan data bibliografi buku, majalah, hasil penelitian dan yang lainnya. Folder SIP atau OpacVB digunakan untuk menyimpan file opacDB.PAR, yaitu untuk mengeset menu penelusuran supaya dapat diarahkan ke OPAC yang berada di server.

Aplikasi ini dibangun dengan model client dan server. Server untuk disimpan di komputer penyimpanan data atau server, sedang Client digunakan atau diinstallkan di komputer buku tamu, penelusuran dan sirkulasi.

simpustaka

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya aplikasi ini dapat berjalan dengan baik, yaitu :

1. untuk penelusuran perhatikan setting alamat yang biasanya dipakai pada file OPACdb.PAR. File opacdb.par pada aplikasi ini berada pada folder c:/program files/SIP atau kadang c:/programfles/opacVB. Pengeditan opacdb.par sama dengan editing versi sebelumnya. Pada saat sebagai server alamatnya dilinkkan ke C: sedangkan pada client dilinkkan ke server. Boleh dengan hasil mapping atau langsung alamat servernya.

2. Supaya peminjaman dan pengembalian dapat berjalan dengan baik, maka ada 4 tag yang harus diperhatikan dan ada dalam database BUKU, yaitu a) tag untuk jumlah eksempplar yang dipinjam, b) tag untuk jumlah eksemplar yg menjadi koleksi perpustakaan, c) tag untuk status buku (untuk awalnya harus dituliskan ADA) dan d) nomor induk buku minimal harus ada satu tanda slashnya (/), lebih dari satu slashnya boleh. misalnya 1706/2008. Kalau hanya no 1706 saja maka aplikasi tidak akan mau meresppon dengan komentar Data Type missmatch.

Aplikasi pada versi ini masih belum sempurna, karena uji cobanya yg terbatas. Apabila ada teman2 yang menemukan hal-hal baru yang perlu dipecahkan, maka anda dapat mengirimkan pertanyaan tsb ke alamat : e.kusmayadi@yahoo.co.id


2 Tanggapan

  1. Boz,,,link downloadnya ada dimana ? thnks before…

  2. maaf ga disiapkan downloadnya. soalnya ini hanya untuk lingkup dep pertanian saja. kami sudah memberikan aplikasi ini sebagai materi dalam cd-rom setiap kami melakukan pelatihan. selain itu ukuran filenya memang besar sehingga tdk kami siapkan. mohon maaf ya boz……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: