Prasana

E-learning

Apa itu e-learning

Electronic learning atau e-Learning adalah suatu istilah umum yang digunakan untuk menyatakan bentuk pembelajaran dimana instruktur and siswa/mahasiswa dipisahkan oleh ruang dan waktu. Jarak antara keduanya disatukan dengan adanya teknologi online. E-learning digunakan dalam berbagai konteks. Pada sebuah perusahaan cara ini digunakan sebagai suatu strategi dalam sebuah jaringan perusahaan dalam menyampaikan kursus atau pelatihan kepada para pegawainya.

Pada universitas pendidikan jarak jauh seperti Open University di Inggris atau Penn State World Campus di Amerika, teknik ini digunakan sebagai cara penyampaian pembelajaran yang terencana dengan menggunakan teknologi berspektrum luas terutama internet untuk mencapai yang belajar dalam jarak jauh.

Sekarang banyak Universitas, menggunakan e-learning untuk melakukan kursus atau program pembelajaran dimana mahasiswa biasanya jarang datang ke kampus atau tidak pernah bertemu muka, karena mereka sudah memanfaatkan pembelajaran secara on-line.

Syarat minimal e-learning

Prinsip dasar e-learning adalah penggunaan teknlogi informasi secara optimal. Media pembelajaran dapat menggunakan internet, intranet dan cd-rom. Metode pembelajaran lebih ke arah berbasis komputer dengan multimedia. Pada internet dan intranet dapat menggunakan aplikasi web, sedangkan pada cd-rom dqpat menggunakan metod interaktif sehingga proses belajar menjadi mudah dan menyenangkan.

Penggunaan aplikasi seperti bisa dilakukan dengan menggunakan software sebagai berikut:

Platform OS : Linux

Web Server Apache+Tomcat

Programming :Java

Script : Java Server Page

Database : MySQL / Postgress

Frame Work : Struts

Development Tool : Eclipse

Keuntungan menggunakan software tersebut adalah seluruhnya merupakan Open Source yang bisa didownload secara gratis dari web site, sehingga dalam implementasinya dapat menekan biaya serendah mungkin, tanpa mengurangi realibilitas sistem itu sendiri.

Keuntungan lainnya yaitu untuk akses ke sistem seperti ini tidak tergantung pada suatu platform operating system.
Oleh karena itu, dengan penerapan berbagai software Open Source seperti ini, diharapkan akan dicapai suatu sistem e-Learning yang aman, terpercaya, performance tinggi, multiplatform, dan biaya rendah.

Keuntungan e-learning

Beberapa keuntungan yang diperoleh dengan melakukan program e-learning adalah :

1. Penghematan biaya dan waktu

2. Ruang dan Waktu menjadi bukan pembatas

3. Adanya Standardisasi Materi

4. Otomatisasi administrasi

Sejauhmana dibutuhkan

Dalam satu dekade terakhir, dunis bisnis dan industri diawarnai dengan perhatian dan ketertarikan yang tinggi terhadap e-learning. Sevariatif apapun makna yang dikandung oleh terminologi ini, tampaknya setiap perusahaan yang merencanakan atau bahkan tengah mengimplementasikan e-learning, mengharapkan manfaat dan keuntungan yang signifikan dari pilihan tersebut. Manfaat dan keuntungan yang paling sering disebutkan, diantaranya adalah: penghematan biaya pelatihan (training cost), peningkatan akses belajar karyawan (terutama dari aspek geografis), serta pengembangan budaya belajar mandiri (self learning).

Kenyataannya, tidak sedikit memang perusahaan yang berhasil mendapatkan manfaat dan keuntungan tersebut melalui implementasi e-learning. Perusahaan besar seperti IBM, Petronas, Cingular Wireless, Giant B&Q, Century 21, Cuna, Shell EP, dan banyak lagi perusahaan terkenal, terbukti telah mengais keuntungan dari implementasi e-learning yang mereka lakukan.

Maka dalam waktu yang relatif singkat, berbagai perusahaan pun berlomba-lomba merencanakan implementasi e-learning. Sejumlah perusahaan diatara mereka, malahan langsung mengimplementasikan tanpa melalui tahapan perencanaan, bahkan terkesan tergesa-gesa dan bertendensi gengsi-gensian. Ada semacam harapan, bahwa jika perusahaan tersebut telah mengimplementasikan e-learning, maka perusahaan tersebut dicitrakan sangat adaptif terhadap perkembangan teknologi mutakhir, mengutamakan modal pengetahuan (knowledge capital), dan tak segan-segan melakukan investasi besarbesaran untuk kepentingan pengembangan sumber daya manusia.

Akibatnya, tidak sedikit pula perusahaan yang telah mengimplemen tasikan e-learning tersebut tertubruk pada sejumlah kendala, bahkan kegagalan. Ibarat tanaman yang layu sebelum berkembang, sejumlah perusahaan dilaporkan terpaksa menghentikan proyek elearning prestisiusnya disebabkan oleh faktor-faktor yang justru terkesan sangat enteng. Problem yang tak terbayangkan sebelunya. Ada program e-learning perusahaan yang mati suri, karena karyawan di perusahaan tersebut tak lagi tertarik menggunakannya. Ada proyek e-learning yang bahkan dihentikan, karena ternyata biaya pemeliharaannya lebih besar dari investasi awalnya. Ada juga perusahaan yang seperti berada dalam lingkaran setan, program sudah terlanjur diimplementasikan, tetapi alih-alih memberikan keuntungan, yang terjadi justru pemborosan dana infrastruktur.

Oleh karena itu maka perlu dilakukan analisis kebutuhan dengan matang. Kita tidak perlu khawatir dengan gejala sebagaimana tersurat di atas. Potensi dan kuntungan e-learning terhadap per usahaan memang bukan basa-basi. Kalaupun ada kelemahan dan kekurangan, setiap saat perbaikan dan penyempurnaannya dapat dilakukan. Fitur dan kemampuan teknologi e-learning pun semakin berkembang.

Sementara teori dan model pembelajaran terbaru juga semakin terwadahi penerapannya melalui teknologi yang ada lebih terletak pada bagaimana teknologi tersebut dipilih dan digunakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jangan pernah tergesa-gesa memutuskan model implementasi e-learning yang akan dilakukan, sebelum jelas dan konkret kebutuhan organisasi. Berkaitan dengan itu, jangan pula terpikat dengan kecanggihan dan kebaruan teknologi yang ditawarkan, tanpa melihat dan memastikan keterpakaiannya berkaitan dengan kebutuhan organisasi.

Langkah pembangunan

selanjutnya …………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: