Meng-online-kan Database Perpustakaan Unit Kerja Lingkup Balitbang Pertanian

Untuk mengonlinekan database perpustakaan lingkup Balitbang Pertanian, semua unit kerja dapat mengupload sendiri databasenya ke server PUSTAKA Bogor. Software yang digunakan untuk menguploadnya digunakan COREFTP. File tersebut dapat didownload di milis pustakawan_deptan dengan alamat http://www.groups.yahoo.com/group/pustakawan_deptan. Bagi yang belum daftar ke milis tersebut dapat langsung JOINT sesudah anda memasuki ruang milis pustakawan_deptan.

langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Download software coreftplite.zip dari milis pustakawan deptan

http://www.groups.yahoo.com/group/pustakawan_deptan/file/file-digilib

logocore

keterangan :

gbr ikon 1. file untuk instal

gbr ikon2. file untuk mengaktifkan ftp (hasil install)

2. install software tersebut (klik 2 x pada coreftplite)

3. Konek ke server Pustaka dengan cara mengaktifkan software coreftp, gambar di bawah

core1

4. Isi form connect. untuk dapat mengisinya mintalah informasi tentang isi kotak Site Name, Host/IP/URL/, User Name dan Password kepada pengelola jaringan di PUSTAKA (Hendriyadi, Syaikhu, Eka). Data ini akan dikirimkan melalui email pribadi (tidak ke milis)

5. Setelah konek akan keluar kotak kedua. Lalu copy-kan dan buatkan folder OPAC dari server ke komputer tempat kita bekerja dan beri nama OPAC-Master. Copy dengan mengklik tanda panah.

Pada kotak kedua, kotak sebelah kiri adalah folder komputer kerja kita, kotak sebelah kanan adalah folder di server PUSTAKA. gambarnya sbb :

core2

6. Eksporkan database BUKU, MAJALAH dan IPTAN pada OPAC tempat kita bekerja,

7. Imporkan pada OPAC-MASTER ke masing-masing database (buku ke buku, majalah ke majalah, iptan ke iptan)

8. UPLOADkan dari OPAC-Master ke folder OPAC yang ada di server. caranya klik panah di kotak kiri.

EDITING WEB PERPUSTAKAAN

Ruang atau space yang disediakan oleh pengelola jaringan (Bpk Hendri) di server perpustakaan yang ada di PUSTAKA Bogor biasanya diisi oleh hasil pengkopian dari web perpustkaan lain. Sebagai contoh apabila ruang untuk BALITHI sudah disiapkan, kemudian pak hendri akan mengkopikan salah satu web yang sudah jadi, misalnya web perpustakaan BALITTRO. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan pengelola perpustakaan BALITHI menyiapkan webnya tidak harus dari awal atau NOL tetapi hanya mengedit apa yang sudah ada. Tentu saja tampilannya nanti BOLEH dikembangkan sendiri seperti halnya tampilan web perpustakaan BALITVET (silakan dilihat di http://www.pustaka-deptan.go.id/~balitvet).
Editing web yang harus dilakukan adalah pada lokasi database, banner, menu, isi menu utama dan sebagainya untuk pengembangan.

Edit Lokasi Database
Lokasi database ini penting untuk mengarahkan (MAP) sistem supaya dapat membaca database yang kita inginkan. Apabila awalnya dari BALITTRI, maka tentu lokasinya ke BALITTRI. Arah lokasi ini yang harus diedit menjadi arah lokasi database milik sendiri. Untuk memudahkan penjelasan, maka saya akan mencontohkan web BALITHI dari hasil pengkopian web BALITTRO.
File yang harus diedit untuk mengarahkan pembacaan database adalah file buku.ini, iptan.ini, mjlh.ini, pttan.ini dan file yang berekstensi INI dari database lainnya yang kita miliki. File-file ini terdapat pada FOLDER db.
Nama-nama file yang dibuat harus berhurup KECIL Ukuran hurup ini akan berpengaruh terhadap kerja system, karena system operasi dari server menggunakan LINUX. Linux bekerjanya sangat dipengaruhi oleh jenis hurup dari file-file yang ada. Contoh file Buku.ini dengan file buku.ini menyebabkan interaksi yang berbeda. Apabila kita menuliskan Buku.ini mungkin saat kita mencoba penelusuran database tidak bisa digunakan atau tidak akan bekerja dengan komentar DATA TIDAK DITEMUKAN misalnya. Untuk membetulkannya file Buku.ini harus direname dengan buku.ini.
Untuk mengedit lokasi database buku, maka kita klik 2 kali pada file buku.ini. Kemudian akan tampil :
; Buku database properties
[main]
title = “Database Katalog Buku ESQ”
name = “buku”
;location = “\xampp\isisdata\buku\”
;location = “D:\opac\buku\”
location = “/home/balittro/buku/public_html/opac/buku//”
desc = “Katalog BUKU- PUSTAKA”
; tag translation
[tag_translate]
200 = “Nomor Panggil Buku-1”
201 = “Nomor Panggil Buku-2”
202 = “Nomor Panggil Buku-3”
98 = “Kode Kelompok Subjek
………

GANTI DENGAN (lihat yang bercetak tebal)

; Buku database properties
[main]
title = “Database Katalog Buku ESQ”
name = “buku”
;location = “\xampp\isisdata\buku\”
;location = “D:\opac\buku\”
location = “/home/balithi/buku/public_html/opac/buku//”
desc = “Katalog BUKU- PUSTAKA”
; tag translation
[tag_translate]
200 = “Nomor Panggil Buku-1”
201 = “Nomor Panggil Buku-2”
202 = “Nomor Panggil Buku-3”
98 = “Kode Kelompok Subjek
………

Kemudian SAVE, EXIT dan pilih OVERWRITE
Kita harus keluar dari tampilan notepade saat edit, supaya menu OVERWRITEnya tampil.
Demikian diulang untuk file mjlh.ini, iptan.ini, pttan.ini dan yang lainnya.

Editing lainnya yang perlu dilakukan adalah banner dan catatan kaki.

Berikut skema tata letak halaman web perpustakaan

gbr1

Edit Banner
Ada dua file yang perlu diedit untuk mengubah BANNER. Pertama file bannernya sendiri balittro.jpg dan kedua, file yang mengeset nama file BANNER yaitu file template.html.

Edit pertama

gbr2
Edit kedua
File yang diedit adalah file template.html. Editing kedua untuk banner dilakukan pada setting penamaan file bannernya. Pada file tersebut yang tadinya tertulis nama file balittro.jpg diganti dengan tulisan balithi.jpg.

Edit Menu Home dan Koleksi database Balitro

Editing ini juga dilakukan pada file template.html.
1. Ganti link Home dari http://ballitro.litbang.deptan.go.id dengan http://balithi.litbang.deptan.go.id
2. Ganti tulisan Tentang Katalog Balitro Home dengan Tantang Katalog Balithi
3. Kemudian pilih Save, Exit, Overwrite

Home
Tentang Katalog Balitro
Search Terms
Browse Terms
Help On Search
Editing Catatan Kaki
Catatan kaki yang dimaksud adalah tulisan yang berada pada bagian bawah halaman sebelah kanan. Di bagian bawah dari file template.html tertulis :

Copyright@PUSTAKA2007
Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik
Jl. Tentara Pelajar No. 3 Bogor 16111, Jawa Barat
Telp. 0251 8321879 Faks.0251 8321010
Webmaster: balitro@litbang.deptan.go.id

Gantilah dengan unit kerja anda dan alamatnya, kemudian SAVE, EXIT dan OVERWRITE

Mengganti database milik Balitro dengan milik Balithi
Yang perlu diingat kembali dalam mengganti database isis balitro dengan database balithi adalah hurup kecil dan besar. Oleh karena itu sebelumnya perlu kita lihat dahulu hurup-hurup dari file database buku, iptan, majalah yang kita miliki.
Apabila semuanya sudah berhurup kecil, maka penggantiaan database bisa langsung dilakukan. Namun apabila milik balithi, masih ada yang berhurup kecil dan ada yang berhurup besar, maka sebaiknya kita buatkan folder OPAC-MASTER yang berisi file-file database hasil pengkopian dari database milik web Balitro. Folder master ini akan selalu kita gunakan apabila kita akan mengganti database web kita. Download OPAC-MASTER hanya dilakukan sekali saja. PASTIKAN pengindeksan sudah dilakukan apabila akan melakukan upload database (sudah melakukan pemilihan menu Database dan I/F update pada Winisis)
Penggantian database dilakukan apabila ada penambahan rekod database. Apabila ada penambahan database iptan, maka hanya folder iptannya saja yang diupload untuk mengganti iptan yang lama. Apabila ada penambahan database buku, maka hanya folder buku saja yang diupload. Namun apabila kedua database tersebut ada penambahan baru, maka kedua folder tersebut yang harus diupload.

gbr3

gbr4

Untuk memindahkan isi database dari OPAC di komputer kerja ke OPAC-Master dilakukan proses EXPORT dan IMPORT. Di OPAC tempat kerja dilakukan EXPORT dan di OPAC-Master dilakukan IMPORT. Kemudian jangan lupa melakukan pengINDEKSan . Langkah selanjutnya adalah mengUPLOAD OPAC-Master ke OPAC-Web.

Penelusuran Error
Kesalahan yang biasanya timbul saat penelusuran tidak berjalan antara lain karena :
1. ada file berekstensi oxi. Apabila ini ditemukan delete atau buang saja dari server (gunakan DELETE)
2. Belum diindeks. Oleh karena kita harus memastikan bahwa sebelum diupload kita sudah mengindeks database yang akan diupload. Lakukan pengindeksan pada OPAC-Master kemudian ulangi peng-upload-annya.
3. masih ada file-file di server yang mempunyai hurup besar. Ganti saja nama file tersebut dengan hurup kecil (gunakan RENAME)

(ek)

4 Tanggapan

  1. Saya harus magang dulu, baru bisa faham. Masih melayang-layang

  2. ini yg sya cari2, tutorialnya bagus pk eka,,salut..tpi knapa file pdf dikatalog kami tidak bisa muncul ya,,mohon pencerahannnya,,trims

  3. Pak Arief sudah upload ya file pdfnya ke server pustaka? nanti saya cek ya

  4. file pdf tidak bisa muncul ada 2 penyebabnya, 1) karena tidak konsistennya penamaan file antara di databasenya dengan nama file di bawah folder fullteksnya, 2) programnya masih ada yang salah. pada saat memanggil file pdfnya. coba bapak cek penamaan filenya misal di winisis kita entri nama Instansi, padahal di folder namanya instansi. hurup i besar dan kecil menyebabkan tidak bisa terbaca oleh sistem. Server di pustaka memakai linux, dan linux itu membedakan antara hurup kecil dan besar. untuk program kita harus mengecek file2 program, untuk mudahnya nanti saya muat di artikel. tapi untuk cepatnya kesalahan sistem saya bisa bantu nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: