FAQ (Frequently Ask Questions)

 

1. Kenapa saat ikon fullteksnya diklik artikel lengkapnya tidak keluar, bahkan yang keluar adalah pesan error baik pada bibliotheca ataupun igloo? (Pertanyaan dari Balitklimat)

 

Jawab : Kesalahan tersebut timbul karena penamaan file pada folder FULLTEKSnya salah. Nama file tidak boleh lebh dari 8 digit. Kalau lebih maka akan timbul kesalahan seperti tersebut diatas. Contoh 040301.pdf , file tersebut mempunyai 6 digit, 04 volumenya, 03 nomornya dan 01 no urut artikel dalam publikasi tersebut.

2. Kenapa Struktur data yang digunakan di lingkungan Departemen Pertanian harus sama? (Kasus di Puslitbangnak yang memakai MySQL sebagai database koleksinya)

Jawab : Apabila kita yang dimaksudkan disini unit kerja atau UPT tidak akan berhubungan atau berkoordinasi dengan lembaga lain, maka struktur data yang tidak sama tidak akan menimbulkan masalah. Namun disaat kita akan bekerja sama dengan UK/UPT lain, seperti pertukaran informasi, penyusunan KIB, AGRIS atau CARIS maka disitu kemudian akan muncul problem. Memang benar konversi dapat dilakukan, namun kita juga harus ingat bahwa tidak semua orang akan dengan mudah memahami proses konversi. Semaksimal mungkin dihindari adanya konversi. Dalam TA 2008 ini, Perpustakaan digital kita akan membangun INDONESIANA yang dikumpulkan di PUSTAKA dan PDC (Pustaka Data Center). Nah dalam jangka pendek saja kita akan melakukan pertukaran informasi. Apabila tidak seragam maka uhh…. berat sepertinya untuk harus selalu melakukan konversi apabila kita akan bekerjasama dengan UK/UPT lain.

3. Kalau saya memakai database tersendiri, misalnya memakai MySQL memangnya kenapa?

Jawab : jawabannya sama dengan no 2. masalah keseragaman.

4. Kenapa kalau kita sudah lama memakai Winisis, terutama pada saat entri data kolom pengisiannya suka hilang sehingga proses entri data tidak dapat dilakukan? Bagaimana pemecahan masalahnya? (kasus yg sering ditemukan)

Jawab : Memang kondisi demikian sering terjadi pada Winisis dan itu salah satu kelemahan ISIS pada windows. Untuk mengatasi masalah tersebut kita harus mengembalikannya ke tampilan semula dengan cara TEKAN tombol CTRL-ALT-DEL sehingga task manager muncul, pada menu processes pilih atau sorot WINWOM kemudian klik pada END PROCESS pada bagian pojok kanan bawah. Cara kedua komputer kita boot ulang.

5. Kalau ada rekord pada database ISIS yang duplikasi bagaimana cara menghilangkannya?

Jawab : Untuk mennghilangkan duplikasi pada database ada dua cara, yaitu a) dengan mengganti isi informasi pada rekod yang duplikasi dengan informasi bibliografi yang lain, sehingga menjadi ada 2 rekod yang berbeda, b) dengan cara menghapusnya, yaitu dari menu EDIT, DATA ENTRY pilih OPTION, pilih DELETE RECORD. Rekod yang sudah didelete tidak dapat ditelusur dan tidak akan ditampilkan lagi sebagai hasil penelusuran. Namun jumlah rekod keseluruhan tidak akan hilang atau tetap sama jumlahnya dengan semula. Supaya jumlah rekodnya berkurang maka HARUS dilakukan EKSPOR kemudian IMPORT. Harus diingat setiap kita melakukan IMPORT maka jangan lupa mengindeksnya kembali dengan perintah I/F Update dari menu DATABASE.

6. Kenapa background pada kotak hasil penelusuran dan kata kunci berwarna hitam sehingga tidak dapat terbaca? (Pertanyaan dari Pak Rudi BPTP Jawa Tengah)

Jawab : tampilan yang dimaksudkan adalah seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Terlihat pada kotak hasil penelusuran, kotak kata kunci berwarna hitam.

tampilan1

Kondisi demikian terjadi karena setting komputer itu sendiri yang kurang tepat, yaitu pada setting DISPLAY. Kalau kita masuk ke CONTROL PANEL, maka akan terdapat icon DISPLAY. Nah karena setting pada display tersebut menjadikan background dalam kotak tsb berwarna hitam. Untuk memperbaikinya kita harus mengubah setting DISPLAY tersebut dengan cara :

Dari START, masuk ke CONTROL PANEL, pilih DISPLAY, kemudian pilih APPAREANCE sehingga tampil seperti gambar di bawah.

tampilan2

disp2

Pada gambar di atas terlihat pilihan WINDOWS and BUTTONS, kita bisa langsung menggantinya dengan pilihan WIndows XP Style untuk menjadikan font kotak hasil penelusuran menjadi berwarna putih. Setelah Windows Xp Style dipilih kemudian OK, SAVE. Lihat perubahannya.

Apabila kita ingin mempertahankan pada pilihan WINDOWS CLASSIC STYLE, maka perubahan yang harus dilakukan adalah

Setelah memilih APPEREANCE, pilih dengan cara mengKLIK pada MESSAGE TEXT dalam MESSAGE BOX. Kemudian perhatikan ITEM-nya. Warna hitam pada kotak disebabkan font pada SELECTED ITEM berwarna hitam. Oleh karenanya maka perlu diubah menjadi warna PUTIH. Kemudian SAVE perubahan tersebut dan coba lihat hasilnya. Keluar dulu dari BIBLIOTHECA yang sedang aktif, kemudian masuk kembali.

display 4

display3

Semoga Berhasil.

7. Bagaimana menampilkan file fullteks di Bibiotheca dan Igloo? (Pertanyaan dari Bu Hotmarita, BPTP Sumut)

Jawab :

Untuk dapat menampilkan artikel lengkap di Bibliotheca dan Igloo, maka terlebih dahulu ada hal-hal yang harus diingat, yaitu :

a. File PDF harus mempunyai nama maksimal 8 digit, tidak boleh lebih. Apabila lebih maka file artikel lengkap tidak akan muncul,

b. File PDF harus disimpan dibawah folder FULLTEKS dari databasenya masing-masing. Kalau pada IPTAN berarti harus di bawah Folder Fullteksnya IPTAN, kalau di PTTAN, maka harus di bawah Fullteksnya PTTAN.

c. Data yang dientrikan di Winisis pada Field Artikel lengkap adalah dimulai dari Fullteks. Contoh c:OPACIPTANFullteksMenaraPerkebunan2008010101.pdf, maka yang dientrikan di Winisis (pada v 910) adalah MenaraPerkebunan2008010101.pdf c:OPACIPTANFullteks tidak usah dientrikan.

d. Apabila kita ingin menampilkan artikel lengkap pada Igloo, maka field Jenis File (v911) harus diisi dengan application/PDF

Asal file PDF tidak menjadi persoalan untuk dapat ditampilkan di bibliotheca ataupun di Igloo. Asalkan sudah jadi file PDF, maka kalau ke 4 hal tersebut diatas diperhatikan, maka artikel lengkapnya baik di igloo ataupun bibliotheca akan tampil.

Untuk lebih lengkapnya anda dapat mendownload file ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: